Layanan Jasa Perawat Bekam Medis Area Pontianak

Bekam | Sumber: depositphotos

Bekam dalam bahasa Arab dikenal dengan Al-Hijamah yang memiliki arti: pemvakuman di kulit dan mengeluarkan kotoran dari kulit. Berbekam memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan. Bekam menjadi salah satu sunah Nabi Muhammad SAW dalam praktik pengobatan untuk menyembuhkan suatu penyakit atau menjaga kesehatan tubuh. Terapi bekam umumnya dilakukan dengan melakukan sayatan atau perlukaan kecil dan mengeluarkan darah kotor menggunakan cangkir yang terbuat dari plastik ditarik menggunakan kop atau sedotan khusus. Bagian tubuh yang dapat dilakukan bekam antara lain: bagian punggung, lengan, bokong, perut, atau kaki. 

Jenis Penyakit yang Bisa dicegah dengan Bekam

Berbagai penyakit atau masalah kesehatan yang bisa dicegah dengan bekam antara lain sebagai berikut: 
  1. Penyakit yang berhubungan dengan sistem perdarahan (kardiovaskuler): hiperlipidemia atau kadar lemak darah yang berlebihan, stroke iskemik yang menyebabkan kelumpuhan atau stroke hemoragik yang dapat menyebabkan seseorang meninggal secara mendadak, hipertensi atau darah tinggi 
  2. Hiperglikemia atau kadar gula darah berlebihan yang kemudian memicu diabetes tipe 2
  3. Hipersensitivitas atau alergi terhadap sesuatu baik hipersensitivitas terhadap makanan atau suhu udara
  4. Migrain, namun penyebab migrain perlu dipastikan penyebabnya jika disebabkan karena hipotensi maka tidak dianjurkan untuk berbekam. Oleh sebab itu setiap sebelum dibekam, pasien dianjurkan untuk diperiksa tensi darahnya terlebih dahulu
  5. Rheumatoid arthritis atau rematik 
  6. Insomnia atau sulit untuk tidur
  7. Gangguan gastrointestinal seperti maag kronis dan iritable bowel disease (IBD)

Peringatan dan Efek Samping Berbekam

Terapi bekam terbilang cukup aman asalkan dilakukan dengan prosedur yang tepat dan dilakukan oleh professional. Ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan pada saat berbekam terutama ditinjau dari masalah medisnya. Hal ini karena setelah berbekam akan muncul gejala ringan seperti: 
  1. Luka bakar jika bekam menggunakan cup yang dipanaskan 
  2. Memar karena dilakukan proses vakum 
  3. Kelelahan yang disebabkan sebagian panas tubuh keluar melalui bekam, namun tidak perlu khawatir efek ini akan memberikan relaksasi sehingga seseorang mudah istirahat
  4. Otot terasa tegang
  5. Sebagian orang merasakan mual 

Pelaksana Bekam

Pelaksana terapi bekam seharusnya dilakukan oleh seorang professional dan menguasai hal-hal medis. Dalam hal ini seorang pelaksana bekam sebaiknya dilakukan oleh petugas kesehatan karena sudah memahami rambu-rambu kesehatan yang perlu diperhatikan sebelum berbekam. Selain itu, karena bekam merupakan sunah rasullulah, maka seorang pembekam sebaiknya dilakukan oleh seorang Muslim terutama jika pasien adalah seorang muslim. Maka dari itu, pelaksana bekam di Perawat Borneo adalah seorang petugas kesehatan muslim yang terlatih untuk melakukan bekam. Dengan demikian, pasien tidak perlu khawatir ketika memesan layanan bekam di Perawat Borneo. Sebelum dilakukan bekam, ada doa yang harus dibaca bagi seorang muslim agar diberikan kesembuhan: 

Bismillaahir rohmaanir rohiim. A’udzu billaahil kariimi fii hijaamatii minal ‘aini fid dami wa min kulli suu-in wa i’laalin wa amrodhin wa asqoomin wa awjaa-in. Wa as-alukal ‘aafiyata wal mu’aafata wasy syifaa-a min kulli daa-in.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Aku mohon perlindungan kepada Allah Yang Maha Mulia dalam bekamku dari penyakit ain di dalam darah, dan dari setiap keburukan, penyakit dan kelaparang. Dan aku memohon kepada-Mu sehat dan kesehatan serta kesembuhan dari setiap penyakit."


Pemesanan Layanan Bekam

Untuk pemesanan layanan bekam Perawat Borneo di area Pontianak, Anda dapat menghubungi kami di sini atau chat menggunakan kolom chat di samping atau bawah situs ini. 

Sebutkan jenis kelamin karena bagi muslim diwajibkan agar bekam dilakukan dengan sama jenis jadi misalnya pasien pria maka pembekam dilakukan pula oleh pria dan jika pasien wanita maka pembekam juga dilakukan oleh wanita. Namun jika ada kondisi khusus, maka lawan jenis harus didampingi orang ketika atau mahram. Demikian informasi dari kami. Silahkan memesan layanan kami. 


Post a Comment

0 Comments