Mengenal Lebih Jauh tentang Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah kondisi medis yang mengacu pada berbagai gangguan kesehatan yang mempengaruhi fungsi jantung. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, terutama di negara-negara maju. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang jenis-jenis penyakit jantung, faktor risiko, gejala, diagnosis dan pengobatan.

Jenis-jenis Penyakit Jantung:

Penyakit Jantung Koroner (PJK)

PJK adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah yang membawa darah ke jantung terhalang atau rusak. Ini dapat menyebabkan serangan jantung dan angina. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan plak dalam pembuluh darah, yang dikenal sebagai aterosklerosis.

Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke jantung terhalang sepenuhnya, menyebabkan kerusakan pada otot jantung. Gejala serangan jantung termasuk nyeri dada, sesak napas, pusing, mual dan muntah. Jika tidak diobati, serangan jantung dapat menyebabkan kematian.

Aritmia

Aritmia adalah ketidaknormalan pada detak jantung, seperti detak jantung yang terlalu cepat atau terlalu lambat. Ini dapat menyebabkan gejala seperti pusing, sesak napas, dan pingsan.

Kegagalan Jantung

Kegagalan jantung terjadi ketika jantung tidak dapat memompa darah dengan efektif ke seluruh tubuh. Gejala kegagalan jantung termasuk sesak napas, lelah, dan pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki.

Faktor Risiko:

Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan penyakit jantung antara lain:

  1. Merokok
  2. Diet yang tidak sehat
  3. Kegemukan atau obesitas
  4. Kurangnya aktivitas fisik
  5. Tekanan darah tinggi
  6. Kolesterol tinggi
  7. Diabetes
  8. Riwayat keluarga dengan penyakit jantung
  9. Stres

Gejala:

Gejala penyakit jantung dapat bervariasi tergantung pada jenis penyakit jantung yang diderita. Beberapa gejala yang umum terjadi antara lain:

  1. Nyeri dada atau ketidaknyamanan pada dada
  2. Sesak napas
  3. Palpitasi atau detak jantung yang tidak normal
  4. Kelelahan
  5. Nyeri atau ketidaknyamanan pada lengan, bahu, leher, rahang atau punggung
  6. Pingsan atau nyaris pingsan
  7. Pembengkakan pada kaki atau pergelangan kaki
  8. Batuk atau mengi

Posting Komentar

Ada yang mau didiskusikan ? Boleh komen di bawah ya.