Rawan Begal di Pontianak, Ini Dia Tips Penanganan Pertama untuk Luka Bacok


Perawatborneo - Belakangan ini Kota Pontianak dihebohkan dengan munculnya beberapa kasus akibat pembegalan. Dalam melancarkan aksinya, para pelaku pun tak segan-segan untuk melukai korbannya hingga menyebabkan luka yang cukup serius akibat sabetan senjata tajam. Cara terbaik agar selamat dari tindakan pembegalan adalah dengan melarikan diri dari para pelaku. Namun, apabila pelaku nekad menganiaya Anda atau Anda bertemu seseorang yang menjadi korban pembegalan, berikut tips untuk memberikan pertolongan terhadap luka bacok akibat senjata tajam para begal: 

Hentikan perdarahan

Waspada jika sabetan senjata tajam mengenai pembuluh darah arteri, hal tersebut karena pembuluh darah arteri yang terluka dapat menyebabkan perdarahan hebat hingga menyebabkan semburan. Jika terjadi perdarahan, maka solusi yang tepat adalah menghentikannya menggunakan kain dan berikan tekanan. Jika yang terkena adalah pembuluh darah vena, perdarahan bisa dihentikan sekitar 10 - 20 menit tergantung respon pembuluh darah tiap individu. 

Kurangi Kecemasan

Menjadi korban begal bisa menimbulkan trauma yang menyebabkan kecemasan berlebihan. Kondisi tersebut bisa menyebabkan terganggunya proses pernapasan hingga mengakibatkan korban kekurangan oksigen. Oleh karena itu, langkah yang tepat dilakukan adalah mengurangi kecemasan pada korban dengan memberikan ruang untuk bernapas, misalnya melonggarkan pakaian yang dikenakan korban, memberikan kipasan atau berikan bantuan oksigen darurat jika memungkinkan. 

Bersihkan Luka

Luka akibat senjata tajam berpotensi menimbulkan infeksi lebih lanjut dalam waktu lebih dari 1 jam, terutama jika senjata yang digunakan pelaku berkarat. Hal tersebut bisa berpotensi memicu tetanus bagi korban. Untuk membersihkan luka, bisa menggunakan air matang yang dialirkan. Jika memungkinkan, bersihkan luka menggunakan air infus NaCl 0,9%. 

Demikian informasi yang bisa disampaikan. Smoga bermanfaat. Jika Anda membutuhkan penanganan lebih lanjut terkait perawatan luka post operasi pasca trauma pembegalan, dapat menghubungi PerawatBorneo. 




Posting Komentar

Ada yang mau didiskusikan ? Boleh komen di bawah ya.