Ayah Bunda perlu tau, Ini Bedanya Sunat Cincin dan Tabung

Gambar 1. Alat Sunat Tabung (Smart Klamp)

Perawatborneo - Setiap menjelang libur sekolah orang tua yang memiliki anak laki-laki akan mulai mempersiapkan diri untuk menyunatkan anaknya. Alasan kenapa memilih hari libur yaitu karena pada hari libur anak bisa fokus untuk menjalani pemulihan setelah disunat. Pada saat ini, metode sunat modern semakin banyak dicari karena menawarkan kemudahan bergerak buat anak dan tidak perlu khawatir ketika mandi. Adapun metode sunat modern yang sering digunakan oleh Perawat yang melakukan sunat adalah dengan menggunakan tabung atau cincin. Kedua metode ini hampir mirip bahkan sebenarnya sunat tabung masuk ke dalam kategori sunat cincin. Hanya saja ada beberapa perbedaan yang perlu diketahui ayah bunda sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat, sunat mana yang paling nyaman untuk anak. Yuk simak persamaan dan perbedaan antara sunat tabung dan cincin. 

Gambar 2. Alat Sunat Cincin (Superring)

Persamaan Sunat Cincin dan Tabung

  1. Sunat tabung dan cincin sama-sama menggunakan alat yang digunakan untuk membantu memotong kulit prepusium sesuai konsep dasar sunat pada umumnya. 
  2. Perlu pengukuran awal agar ukuran alat yang terpasang sesuai dengan ukuran penis. 
  3. Kedua metode ini mampu meminimalisir perdarahan dan jelas sangat berbeda jauh dengan sunat konvensional yang menggunakan metode jahit. 
  4. Anak yang disunat menggunakan metode ini tidak perlu khawatir ketika mandi dan justru diwajibkan untuk mandi dengan membasahi bagian alat sunat yang terpasang selama pemulihan. 
  5. Biaya sunat pada kedua metode ini memiliki rentang yang sama yaitu berada pada angka mulai dari 850.000 - 1.500.000. 
  6. Hasil sunat pada kedua metode ini sama-sama memberikan hasil yang rapi, berbeda dengan sunat konvensional (jahit) yang bisa memberikan bentuk lebih bervariasi. 
  7. Proses sunat relatif cepat yaitu berkisar 10 - 15 menit, namun tergantung lagi jika anak dapat berkolaborasi dengan baik. 
  8. Masa penyembuhan yang relatif lebih cepat yaitu berkisar 7 - 20 hari. Berbeda dengan sunat konvensional (jahit) 
  9. Tidak ada pantangan makan selama proses pemulihan sunat 

Perbedaan Sunat Cincin dan Tabung

  1. Alat sunat tabung cukup berat jika dibandingkan sunat cincin, dapat dilihat perbedaan antara gambar 1 dan 2. 
  2. Pada sunat tabung terdapat 2 proses yang harus dilakukan yaitu pemasangan tabung dan pelepasan tabung. Pelepasan tabung perlu mematahkan tabung yang sudah terpasang. Sedangkan pada sunat cincin hanya perlu pemasangan cincin. Pemasangan cincin hanya perlu memasangkan tali khusus untuk membantu melepaskan prepusium dan selebihnya cincin akan dibiarkan lepas dengan sendirinya. Bisa dibandingkan jika hanya 1 proses yang perlu dilakukan, maka trauma anak bisa diminimalisir. 
  3. Pada sunat tabung, perawat perlu melakukan kontrol ulang untuk melepas alat. Sedangkan sunat cincin, perawat tidak perlu melakukan kontrol ulang. Namun, jika orang tua membutuhkan visit perawat bisa dikomunikasikan dengan perawat yang bersangkutan. 

Setelah membaca penjelasan di atas, berikut penampakan alat tabung dan cincin yang terpasang pada proses pemulihan sunat: 

Gambar 3. Sunat Tabung 

Gambar 4. Sunat Cincin 

Demikian informasi perbedaan antara sunat cincin dan tabung. Informasi ini sekedar mengedukasi dan menjawab pertanyaan ayah bunda yang sering muncul beda sunat cincin dan tabung. Pilihan tinggal tergantung ayah bunda masing-masing, yang paling penting adalah kenyamanan buat anak. 

Sekian. 


0 Comments