Gak Perlu Panik, Hal ini Sering ditanyakan Pada Pasien Sunat Cincin (Super Ring)

Sunat super ring menjadi sunat modern yang saat ini sedang populer di Pontianak. Keunggulan dari sunat jenis ini adalah alat yang terpasang lebih ringan dan risiko komplikasi yang kecil. Selain itu kelebihan bagi petugas kesehatan yang melakukan adalah tidak perlu harus melakukan kunjungan kontrol ulang setelah sunat kecuali jika ada masalah khusus. Alat yang terpasang ini akan lepas dengan sendirinya membawa bagian kulit yang sudah nekrosis (berwarna hitam). Berbeda dengan sunat menggunakan tabung, petugas kesehatan harus melakukan kunjungan ulang untuk membuka tabung. Selain itu, kesulitan yang ditemui adalah seringkali tabung yang sudah melekat sulit dibuka. Sehingga membuat anak menjadi kesakitan kembali dan trauma. 


Bagi orang tua yang menggunakan jasa sunat super ring seharusnya tidak perlu terlalu khawatir dengan kondisi anak selama anak tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Adapun aktivitas itu seperti: bermain bola, basket atau olahraga berat lainnya. Nah untuk menjawab pertanyaan yang sering muncul, Perawat borneo telah merangkum jawaban untuk mengurangi kecemasan ayah bunda yang menggunakan jasa sunat super ring dari kami. 

Mengapa Sebelum disunat perlu diukur Dahulu

Untuk memastikan alat yang akan dipasang sesuai dengan ukuran penis, tidak terlalu kecil atau terlalu besar. 

Obat Apa yang Perlu Diminum Setelah Sunat

Setiap selesai sunat, kami akan meresepkan analgesik atau pereda nyeri. Kami tidak merespkan antibiotik jika tidak ada gejala infeksi. Pemberian antibiotik jika selama masa pemulihan sunat ditemukan gejala infeksi seperti: demam pada anak (suhu tubuh 38 derajat), terdapat cairan kekuningan kental disekitar alat super ring, tampak kemerahan hingga ke bagian batang penis dan bengkak. 

Apakah Habis Sunat Tidak Boleh Mandi

Sangat dianjurkan, berbeda dengan metode sunat konvensional yang menggunakan jahit. Sunat super ring sangat dianjurkan untuk sering mandi. Namun, air yang digunakan juga berada dalam rentang hangat sampai netral. Tidak dianjurkan menggunakan air panas atau agak panas karena bisa memberikan sensasi sedikit nyeri pada area yang disunat. 

Apakah Tidak Masalah Menyunat Bayi yang Baru Lahir

Tidak masalah asalkan anak dan orang tua nya kooperatif. Seringkali yang kita jumpai ketika menyunat bayi adalah anak menangis terus menerus dan orang tua kurang kooperatif seperti terlalu panik atau menyudutkan petugas. 

Kenapa Bagian Kulit dekat Cincin Tidak Rata

Umumnya mukosa yang berdekatan dengan cincin memiliki permukaan yang rapi namun ada beberapa kasus, mukosa tidak tampak rata. Tidak perlu khawatir, karena itu merupakan bawaan dari sang anak. 


Apakah Sunat Super Ring Berisiko untuk Sunat Ulang

Kulit yang sudah disunat menggunakan cincin tidak akan tumbuh kembali. Hal tersebut dikecualikan jika pemasangan alat tidak tepat, maka petugas yang melaksanakan super ring haruslah sudah tersertifikasi dengan pelatihan yang diselenggarakan oleh PT. Sunat Modern Superring Indonesia agar paham batasan maksimal dan minimal pemasangan benang pada cincin. 




Apakah Habis Sunat Ada Pantangan Makan

Khusus sunat buat anak tidak ada pantangan khusus namun jika punya riwayat alergi terhadap makanan tertentu sebaiknya dihindari selama masa pemulihan sunat seperti alergi terhadap udang atau ayam. Selain itu untuk membantu mempercepat penyembuhan, sangat direkomendasikan untuk makan makanan berprotein dan vitamin tinggi seperti sayuran hijau (bayam), putih telur, daging ikan. Berbeda dengan sunat dewasa, jika pasien berusia lebih dari 30 tahun sebaiknya mengurangi makanan berlemak seperti santan atau gorengan. 


Berapa Lama Masa Penyembuhan

Pada anak, masa penyembuhan berkisar 1-2 minggu. Namun jika pada orang dewasa, umumnya akan lebih lama terlebih jika punya riwayat gula darah. Maka sunat pada orang dewasa mesti dipastikan dahulu untuk dilakukan pemeriksaan kadar glukosa darah. 

Bayi yang Baru disunat Kenapa Ada Bercak Merah Setelah Cincin Lepas

Tidak perlu panik, jika terdapat bercak darah tipis hal itu karena mukosa yang baru terputus dari jaringan nekrosis belum tertutup sempurna. Maka tunggu hingga 1-2 minggu ke depan. Jika dalam rentang waktu tersebut masih menemukan masalah, Anda dapat konsultasikan ke dokter di Klinik atau Puskesmas terdekat. 


Demikian informasi ini disampaikan. Jika terdapat pertanyaan lain, silahkan ajukan pertanyaan ke ahlinya klik di sini

Silahkan dishare informasi ini jika sangat bermanfaat. 

Post a Comment

0 Comments