Rekomendasi Lotion Murah Meriah yang Bagus untuk Kesehatan Kulit


Oleh : Dr. Adam Astrada, Ns., MNS., CNS

Perawatborneo - Kulit yang berada di punggung lengan bawah dan daerah tulang kering terutama dekat pergelangan kaki adalah kulit yang paling mudah kering dan gatal.

Kulit yang kering mengindikasikan fungsi skin barrier yang sudah mulai menurun.

Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, kulit menjadi mudah retak.

Keretakan mikroskopis ini akan dianggap sebagai perlukaan minor yang kemdian memicu sel mast melepaskan mediator proinflamasi sebagai bentuk respon perlukaan. Mediator proinflamasi ini akan menstimulus ujung saraf C (C-nerve fiber) yang kemudian diterjemahkan otak sebagai sensasi gatal.

Individu yang berusia >25 tahun lebih rentan mengalami kulit kering, terutama setelah kontak dengan air >2 menit, seperti setelah mandi.

Untuk mencegah kulit kering yang gatal, langkah pertama dan utama adalah dengan mempertahankan kelembaban kulit. Hal paling sederhana dan murah adalah dengan memakai hand & body lotion, minimal 2 kali sehari terutama setelah mandi.

Masalahnya, lotion ini sering menimbulkan ketidaknyamanan karena lengket. Berikut lotion murah meriah namun berkualitas menurut ahli luka:

  1. Vaseline non-sticky formula. Lotion ini mudah meresap, terasa sejuk saat dipakai, dan tidak lengket. Kelebihan lotion ini dilengkapi dengan UV protection, melindungi dari terbakar karena sinar matahari. Rekomendasi banget untuk daerah tropis dan cocok untuk semua jenis kulit.

  2. Lotion berbasis Aloe vera Fair and Lovely. Aloe vera sudah terkenal sebagai bahan alami yang dapat meningkatkan kelembaban kulit. Lotion dari Fair and Lovely ini harum, mudah diserap kulit, dan harganya sangat terjangkau. Cocok untuk segaja jenis kulit.

  3. Nivea Body Lotion Intensive Moisture. Nah kalau yang ini cocok untuk kulit yang sangat kering karena kemampuan melembabkannya lebih tinggi. Sangat cocok dipakai kalau tinggal di daerah sub tropis yang memiliki musim dingin.

Demikian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Kalau ada rekomendasi lain, boleh kirim komentar di bawah ya. 

Post a Comment

0 Comments