Review Kelebihan dan Kekurangan Jenis Metode Sunat (Konvensional dan Modern)

Pontianak - Layanan sirkumsisi atau sunat termasuk ke dalam tindakan bedah minor yang dilakukan dengan tujuan untuk membuang bagian prepusium (ujung alat kulit kelamin) pada gland penis (kelamin pria). Dalam ajaran Islam, setiap anak pria yang memasuki usia dewasa diwajibkan untuk berkhitan sebagai bentuk ibadah. Namun dalam sisi kesehatan, kegiatan sirkumsisi ternyata memiliki banyak manfaat diantaranya mencegah infeksi penyakit menular seperti Human Immunodeficiency Viruses (HIV), penyakit menular seksual (Gonorhoe, Sifilis dan lain-lain) (CDC, 2019)

Petugas pelaksana yang melakukan kegiatan khitan harus berlatar belakang kesehatan yaitu perawat atau dokter. Jika pelaksana merupakan selain kedua profesi tersebut, maka dianjurkan kepada masyarakat untuk tidak menerima tawaran layanan khitan. Hal tersebut untuk menghindari adanya masalah dalam pelaksanaan khitan karena penguasaan kompetensi. 

Pada zaman dahulu hingga sekarang,  aktivitas sirkumsisi menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian kaum pria. Hal tersebut karena bayangan akan rasa nyeri saat khitan dan post khitan. Namun dengan adanya kemajuan teknologi, semua hal yang menjadi momok dapat diminimalisir dengan adanya pilihan metode sunat. Meskipun demikian, setiap metode tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan. Adapun rangkuman kelebihan dan kekurangan masing-masing metode sunat sebagai berikut : 

Sunat Konvensional 


Sunat konvensional merupakan metode sunat yang dilakukan menggunakan penjahitan untuk membantu pemulihan luka. Sunat metode ini memiliki kelebihan yaitu biaya sunat yang lebih murah (Rp 550.000 - Rp 750.000) dibandingkan metode modern sehingga metode sunat manual banyak dijadikan pilihan untuk menggelar sunat massal gratis. Kekurangan dari metode sunat konvensional ini yaitu risiko infeksi dan gagalnya jahitan untuk menyatukan luka pada sekitar mukosa sehingga menyebabkan durasi penyembuhan lebih lama. 

Sunat Laser 

Sunat laser termasuk ke dalam metode sunat modern yang dilakukan dengan laser untuk menghentikan perdarahan. Sunat laser ini merupakan metode sunat yang paling banyak dicari oleh pihak keluarga pasien. Kelebihan yang diketahui dari sunat laser ini adalah perdarahan pada luka dapat dihentikan lebih cepat sehingga post sunat anak bisa mudah untuk bergerak. Selain itu pada hasil studi, sunat laser lebih meminimalisir rasa nyeri dan potensi perbaikan luka berulang. Hasil yang didapatkan dari sunat laser juga lebih bagus dibandingkan sunat konvensional. Kekurangan pada sunat laser yaitu dari segi biaya tentu akan lebih mahal (Rp 500.000 - Rp 750.000) dibandingkan konvensional sehingga bagi masyarakat kalangan bawah cukup berat untuk membiayai. Risiko pembengkakan karena luka bakar dan rasa terbakar juga bisa terjadi pada penggunaan metode ini. 

Sunat Smart Klamp

Metode sunat selanjutnya yaitu menggunakan tabung dan penjepit. Sunat ini dapat dibilang cukup populer di kalangan masyarakat. Sebagian besar masyarakat kota Pontianak khususnya sudah banyak yang mengenal sunat smart klamp atau tabung. Kelebihan dari sunat tabung ini yaitu metode sunat minim perdarahan namun anak tetap akan merasakan nyeri pada saat disuntik anestesi. Setelah sunat, anak dapat bebas bergerak bahkan bisa berlari. Kekurangan dari sunat tabung ini yaitu biaya yang kurang ekonomis (Rp 800.000 - Rp 1.000.000). Anak juga akan merasakan sakit kembali saat tabung dibuka. Disamping itu pada penggunaan smart klamp, anak diwajibkan untuk sering mandi berendam air agar tidak membuat tabung menjadi kering di sekitar kulit yang luka sehingga tabung mudah dilepaskan jika pasien sudah pulih. 

Sunat Super Ring 

Super ring menjadi metode yang paling baru dari sunat modern lainnya. Sunat ini menggunakan alat khusus yang membuat kulit prepusium menjadi nekrotik sehingga akan terputus dengan sendirinya. Kelebihan dari sunat ini yaitu meminimalisir perdarahan dan juga meminimalisir nyeri. Khusus pada rasa nyeri akibat jarum suntik, dalam metode sunat super ring tidak menggunakan jarum untuk anestesi. Dengan demikian anak akan lebih merasa nyaman saat akan disunat dan setelah sunat. Beda sunat super ring dengan tabung yaitu cincin tidak perlu dibuka oleh petugas kembali tetapi cincin dapat lepas dengan sendirinya. Jika pada sunat tabung, anak akan merasakan trauma 2 kali yaitu pada saat pemasangan dan pelepasan tabung. Biaya sunat cincin juga termasuk kurang ekonomis dengan kisaran harga yang mirip dengan metode sunat Smart Klamp (Rp 800.000 - 1.000.000). Namun jika dilihat dari segi kelebihan sunat cincin jauh lebih banyak banyak keuntungan dibandingkan metode sunat lainnya. Terutama dari segi kenyamanan bagi anak.

Setelah menyimak penjelasan kelebihan dan kekurangan beberapa metode sunat di atas, jadi metode manakah yang Anda inginkan untuk melaksanakan sunat buat anak Anda ? Konsultasikan kepada kami di perawatborneo.com, hubungi kami Klik Di Sini

Referensi 

Technology Meets Tradition: CO2 Laser Circumcision versus Conventional Surgical Technique

Post a Comment

0 Comments