Kegiatan Khitanan Massal Bersama Khitan Khatulistiwa dan Munzalan di Desa Engkalong, Kembayan Kalbar

Tim Panitia Khitan Massal


Pontianak - Alhamdulilah pada 12 September 2021, anggota perawat borneo turut hadir sebagai pelaksana kegiatan khitanan massal yang diselenggarakan oleh Munzalan bekerjasama dengan Khitan Khatulistiwa. Kegiatan dilaksanakan di Desa Engkalong, Bengkayang, Sanggau Kalimantan Barat. Tim pelaksana bertolak dari Pontianak pada 11 September 2021 pukul 15.30 WIB dan tiba di Desa Engkalong pada pukul 10.00 PM. 

Untuk bisa mencapai lokasi di Desa Engkalong, tim harus berhadapan dengan jalan yang lumayan rusak. Namun alhamdulilah semua tantangan dapat dilewati dengan lancar. 

Tim Perawat Khitan
Tim Perawat Khitan

Pada saat kegiatan 12 September, sebanyak 48 anak mengikuti khitanan massal. Dari 48 peserta, 3 diantaranya ada dewasa di mana peserta merupakan mullaf. Proses khitan yang dilaksanakan yaitu menggunakan metode konvensional atau dengan penjahitan. Metode ini termasuk ke dalam metode khitan dengan biaya yang terjangkau, namun metode konvensional memiliki kekurangan yaitu tidak bebasnya anak untuk bergerak pasca khitan dan risiko terlepas jahitan jika anak tidak bisa diam. Jika jahitan terlepas, hal tersebut akan menyebabkan penyembuhan akan semakin lama. 

Untuk saat ini telah tersedia metode khitan modern yang lebih memberikan kenyamanan untuk anak sebagai pasien, diantaranya anak akan lebih bebas bergerak dan penyembuhan yang lebih cepat. Metode khitan modern yang sudah banyak digunakan antara lain smart / alis klamp (menggunakan tabung), super ring dan lain-lain. Kekurangan dalam metode khitan modern ini yaitu biaya yang cenderung lebih mahal dibanding metode konvensional karena alat yang digunakan juga lebih baik. 

Kegiatan selesai pada pukul 15.30 WIB dan diakhiri dengan berdoa bersama. Bagi bapak/ibu yang membutuhkan layanan sunat baik metode konvensional modern atau manual untuk area Pontianak dapat menghubungi Perawat Borneo

Demikian terima kasih semoga bermanfaat. 

Post a Comment

0 Comments